SELAMAT DATANG SAHABAT PEMBELAJAR

Minggu, 08 Maret 2020

DISKUSI EDUKASI KE3

Pembelajaran online melalui diskusi berMakna, dipersembahkan oleh MN GORONTALO untuk  Guru Matematika se-Provinsi Gorontalo. Dgn tema  ketiga:  “Skill Numerasi dalam AKM“
👉🏻 Senin, 24 Februari 2020
Pukul : 16.00 - 17.30 WITA
Tempat: Grup MN Gorontalo  http://bit.ly/MatematikaNusantara

Keynote Speaker:  Bapak Yusman Yusuf  Ekie
(Kepala Sekolah SMAT WB)
Panelis:
• Bapak  H. Moch. Fatkoer Rohman, S.Pd
(Presiden MN)
• Bpk Dudy Wahyudi (Sekjen MN)
• Ibu Sohibah Zain (Koord Sulawesi 2 MN)
Moderator:
Jamila Baderan  (Instruktur VCT Gtlo)
Resume Materi diskusi:    (Disajikan dalam tanya jawab)

[Yusman Yusuf  Ekie]
Syukran ...
Ketrampilan numerasi adalah ketrampilan yang menggunakan angka untuk memecahkan kehidupan sehari-hari. Untuk memahami numerasi, seorang siswa hendaknya memiliki kemampuan literasi yang kokoh

Masalah kehidupan sehari2 biasa kita kenal dengan soal cerita 

Topik yang sering muncul dalam soal PISA dan TIMMS adalah
1. Estimasi dan pembulatan
2. Uang dan waktu (matematika ekonomi dan kecepatan, jarak)
3. Data dan analisis (statistika)
4. Peluang dan ketidakpastian
5. Bangun ruang dan ukuran

AKM berisi ttg literasi, numerasi dan survey karakter
Yang kita diskusikan sore ini adalah numerasi atau kita kenal dengan numerasi  matematika walau makna keduanya agak berbeda

[Sakina Hamid]
Program linier masuk mana pak?? 
[Yusman Yusuf  Ekie]
Program linear adalah konten dalam kurikulum kita, dan materi program linear jika kita perhatikan soal PISA, maka bisa kita temukan dalam tppik keuangan dan masuk juga dalam peluang

[Yusman Yusuf  Ekie]
Perlu kita pahami bahwa dalam satu narasi soal yang diberikan, akan terintegrasi berbagai masalah (ada masalah tentang uang, ada masalah tentang estimasi dan ada juga soal tentang peluang dan ketidak pastian

Pembelajaran numerasi dapat membimbing siswa untuk bisa berpikir logis dan menggunakan strategi penalaran dalam memecahkan masalah
Pembelajaran numerasi menjadikan pembelajaran matematika lebih bermakna karena kemampuan aritmetika dikaitkan dengan masalah ril yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari2

http://unesdoc.unesco.org/
images/0023/002322/232253E.pdf
http://letsplaymath.wordpress.com/2008/04/12/
puzzlingpythagorean-pebbles/; link yang dapat dibuka untuk memantapkan pemahaman tentang numerasi matematika
www.nala.ie (Numeracy for Adult Learners)

 [Asriyanto Pakaya]
Adakah sintaks tentang literasi numerasi? Minimal apa fondasi awal yg harus dilakukan baik guru dan siswa?
[Rahma]
Skill numerasi dlm akm sama unt semua mapel?
Jk tdk, apakh numerasi disusun berdasarkan kd?
[Sakina Hamid]
Oh iya berkaita dengan pertanyaan ibu rahma kayaknya ketika kita adakan suatu literasi materinya akan jadi dobol kayaknya... Seperti kemarin saya ajarkan anuitas di akuntasi matematika ada di produktifnya juga ada .. kira2 kita bgm kita punya solusi untuk lebih mengenal secara umum kd produktif sama kd matematika kita terapkn ke jurusan???

[Yusman Yusuf  Ekie]
kita tunggu regulasi penyelarasan konten mata pelajaran yang disesuaikan dengan numerasi.
dalam beberapa forum, kementerian menjelaskan bahwa acuan literasi dan numerasi adalah soal PISA dan TIMSS
numerasi menuntut pembelajaran berbasis masalah dan berbasis proyek
dan insya Allah akan diikuti dengan pembiayaan untuk mewujudkan numerasi berbasis kelas, numerasi berbasis budaya dan numerasi berbasis masyarakat

[Jamila Baderan]
pernyataan ini secara tidak langsung mengarah pada statement bahwa siswa pada jenjang SD harus sudah dibiasakan gemar membaca (literasi baca).

berarti intinya adda pada Literasi ya pak.

[Yusman Yusuf  Ekie]
konten (KI) semua mata pelajaran mesti berbasis numerasi
iya bu...
semua materi harus berbasis numerasi,
setiap materi selalu dikaitkan dengan kehidupan sehari atau dunia sains

[Jamila Baderan]
jika kami di SD Bahasa Indonesia adalah pengait semua Mapel, apakah nantinya dengan adanya kebijakan ini menjadikan matematika/numerasi sebagai pengait semua Mapel?

[Rahma]
Apkh akm mirip tematik pk?
Lintas mapel?
Ataukah mirip steam?

[Yusman Yusuf  Ekie]
stem dan numerasi tidak mirip

dari saat sekarang, mari kita diskusikan soal PISA dan TIMMS
lalu kita pilih per mata pelajaran agar kita sudah mulai melakukan sinkronisasi terhadap soal PISA atau TIMMS dengan KI dalam kurikulum kita

[Jamila Baderan]
Sahabat Matematika Nusantara Gorontalo, Alhamdulillah melalui diskusi hari ini semakin bertambah ilmu kita terkait dengan kebijakan pemerintah pengganti UN yaitu AKM. Dalam AKM kita dituntut untuk bisa menyiapkan peserta didik agar memiliki skill numerasi.



Resume Materi ke3 MN Gorontalo: http://bit.ly/ResumeMateriKe3MNGTLO
Presensi Partisipant: http://bit.ly/PresensiKe3_MNGTLO
Flyer tayangan edukasi: http://bit.ly/flyerTEMA3_MNGTLO
Tanya Jawab: silahkan simak lewat  http://bit.ly/MatematikaNusantara
 
Terima kasih, Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar